VISI FKIP

Menjadi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan bertaraf internasional yang unggul dalam mencetak pendidik berlandaskan nilai keislaman, kewirausahaan, dan kejuangan

 

MISI FKIP:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai keIslaman, kewirausahaan, dan kejuangan;
  2. Melaksanakan penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia;
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang Mampu Mendorong Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat Secara Berkelanjutan
  4. Meningkatkan kualitas pengajar dan tenaga profesional untuk berkiprah di tingkat nasional dan internasional;
  5. Menerapkan prinsip good governance dalam tata kelola fakultas;
  6. Membina mahasiswa agar memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional;
  7. Membangun kerja sama dengan institusi lokal, regional, nasional dan internasional untuk meningkatkan kapasitas SDM dan pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi.

 

 

Visi Keilmuan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

“Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berdasar teori sosiokultural dan multimodalitas untuk menghasilkan sarjana pendidikan berlandaskan karakter Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, eduteknopreneur dan kejuangan”

Tujuan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai teori dan praktik pembelajaran Bahasa Inggris berbasis pendekatan sosiokultural dan multimodalitas, memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian berlandaskan nilai Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, serta memiliki kreativitas, jiwa kewirausahaan, dan semangat kejuangan sebagai calon pendidik dan profesional.
  2. Menghasilkan penelitian inovatif dan relevan yang berkontribusi pada pengembangan ilmu dan praktik Pendidikan Bahasa Inggris.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Mengembangkan tata kelola program studi yang adaptif, transparan, akuntabel, dan berorientasi peningkatan mutu berkelanjutan.
  5. Memperkuat kolaborasi dengan sekolah, lembaga profesi, dan mitra industri untuk mendukung pembelajaran, penelitian, dan penyerapan lulusan.

Strategi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

  1. Mengintegrasikan teori sosiokultural dan multimodalitas ke dalam kurikulum, proses pembelajaran, perangkat ajar, dan asesmen.
  2. Mengembangkan model pembelajaran inovatif berbasis teknologi dan multimodalitas untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar.
  3. Meningkatkan kompetensi dosen melalui pelatihan pedagogi abad 21, teknologi pembelajaran, dan riset bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
  4. Mengimplementasikan pendidikan karakter Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, kewirausahaan, dan kejuangan melalui kegiatan akademik, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
  5. Mendorong budaya riset melalui penguatan kelompok riset, kolaborasi penelitian, dan peningkatan publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa.
  6. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yang berbasis kebutuhan riil dan mendukung peningkatan kompetensi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dan masyarakat.
  7. Mengembangkan sistem penjaminan mutu internal yang konsisten untuk memantau capaian pembelajaran, peningkatan kinerja dosen, dan efektivitas kurikulum.
  8. Melakukan evaluasi kurikulum secara berkala berdasarkan tracer study, masukan pemangku kepentingan, dan perkembangan keilmuan serta teknologi pendidikan.
  9. Memperluas kemitraan strategis dengan sekolah, pesantren, lembaga bahasa, industri kreatif, dan asosiasi profesi guna mendukung pembelajaran, penelitian, dan penguatan kompetensi lulusan.
  10. Menyelenggarakan kegiatan akademik seperti seminar, workshop, guest lecture, dan kolaborasi lintas institusi untuk memperkuat kapasitas akademik sivitas akademika.